PBAK 2016, Day 1 : Pra-PBAK / Gladi Resik



Every end is a new beginning. Setelah kita mengakhiri masa dimana kita duduk di bangku sekolah, kini kita akan memulai masa yang baru dimana kita akan duduk di bangku yang sama, namun dengan tingkatan yang beda, yaitu duduk di bangku perkuliahan. Sama-sama bangku, namun tingkat ketegangan, keseriusan, kenyamanan, kesempurnaan(?) yang berbeda. Nah, sebelum kita masuk ke bangku perkuliahan, kita akan di orientasi kan terlebih dahulu, bakal dikenalin tentang sesuatu yang berhubungan dengan kampus kita. Di orientasi kali ini, nama kegiatannya adalah Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan alias PBAK. Nama kegiatan PBAK ini sebenernya di UIN Syarif Hidayatullah baru untuk tahun ini dinamai PBAK, sebelumnya nama kegiatannya adalah Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan alias OPAK. Karena PBAK ini baru diterapin di tahun ini, jadi masih agak banyak miskonsepsi penamaan kegiatan di beberapa hal, seperti masih belum bisa move on dari yang namanya OPAK. Karena dari awal pendaftaran ulang itu emang disebutnya kegiatan OPAK, dan baru dikasih tau bahwa OPAK berganti nama itu ketika hari H acara. Jadi kita sebagai mahasiswa baru jadi bingung dengan nama kegiatannya dan civitas akademika nya masih sering lupa kalau OPAK udah ganti nama wkwkwk. (Yaelah masalah nama aja dipermasalahin -_-)

Kita langsung ke hari pertama aja yaa, yaitu kita akan melaksanakan Gladi resik untuk upacara pembukaan kegiatan PBAK 2016 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Intinya cuma gladi upacara doang -_-
Di hari pertama ini para maba alias mahasiswa baru dijadwalkan untuk kumpul di Fakultasnya masing-masing pada jam 5:30, pagi banget yaa cuma untuk gladi resik doang -_- berangkatlah saya menuju Kampus Tercintah itu jam 4:30, karena jarak antara Depok dan Tangerang Selatan itu lumayan jauh, menurut survey saya jika lalu lintas normal, waktu tempuhnya kisaran 40-60 menit alias sejam dengan menggunakan motor saya. Dan saya akan terbiasa oleh perjalanan yang cukup memakan waktu ini karena saya memilih untuk PP alias Pulang-Pergi, saya menyadari bahwa saya tidak ingin terus memberatkan orangtua dengan biaya-biaya kost ataupun kontrakan, lebih baik saya pulang pergi dengan merelakan uang jajan untuk memberi jajan kepada motor (isi bensin), dan untuk makan cukup yang ada di rumah aja. Itung-itung belajar hidup hemat dah hehehe..
Setelah sampai di kampus pada jam 5:20, saya langsung melaksanakan ibadah sholat subuh di Masjid Fathullah yang berada di seberang UIN Jakarta, karena kebetulan motor saya diparkirkan disana, soalnya para maba dilarang untuk membawa kendaraan pribadinya ke dalam lingkungan kampus. Pergilah kita menuju gedung fakultas saya setelah dari masjid, dan pas udah sampe disana saya bingung harus kemana, soalnya saya tidak tau dimana letak “panggung acara” nya. Saya mengecek grup FIDKOM di LINE dan menanyakan dimana tempat kumpulnya, tapi saya tetap berjalan keliling-keliling gedung sambil menunggu balesan para penghuni grup, dan sebelum saya mendapat balasan di grup, saya lebih dulu menemukan lokasinya, yaitu di depan Perpustakaan Utama Lama yang tempatnya berada di sebelah kiri dari gedung FIDKOM, disitu ada sebuah tenda yang lumayan besar kayak acara kondangan di pernikahan gitu tendanya wkwk, disitulah tempat para maba FIDKOM berkumpul. Yang kerennya adalah ada beberapa kating di pagi buta itu yang naik motor berdua keliling-keliling sambil menyanyikan lagu “Patriot Dakwah” menggunakan Toa dan membuat pagi itu lebih bersuara. Dari kating FIDKOM tentunya wkwk
Ketika waktu sudah mendekati jam 6:30, para panitia PBAK bersiap-siap untuk memulai acaranya, dan yang pertama mengisi acara pada pagi hari itu adalah kak Beko (bukan pake G yaa :v), kakak ini dipanggung memberikan tausyiah berupa ilmu tentang Jargon dan Yel-yel khas Fakultas Dakwah. Diawali dengan Jargon Dakwahnya yaitu..
“MABA FIDKOM….. SERU!
MABA FIDKOM….. SERU!
MABA FIDKOM 2016….. SERU! SERU! AAHH~”
Dan itu ada gerakan khususnya yang tidak bisa dijelaskan lewat tulisan ini, soalnya gerakan nya susah dijelaskan oleh kata-kata, dan…. Gerakannya jarang dipake :3
Setelah jargon telah di rilis, muncul lah rilisan yang selanjutnya, yaitu lagu Patriot Dakwah, yomaan.. untuk lagu ini liriknya lumayan panjang dan menyenangkan untuk dinyanyikan :D
Bang Beko dengan antusias mengajarkan ilmu yang diberikannya sampai tibalah waktunya untuk dipanggil menuju lapangan karena acara akan dimulai, jalan lah kita menuju sana dengan didampingi oleh para panitia sambil menyanyikan lagu andalan kita, tapi masih banyak yang belum hafal lagunya sehingga ada beberapa yang tidak bernyanyi, dan ada juga yang beralasan “males”. Ini yang sangat parah..
Sesampainya di lapangan, lalu dibariskan dengan teratur dan menyesuaikan dengan tempat, karena gak cuma FIDKOM aja yang disana, tapi ada semua Fakultas yang ada di UIN Jakarta, yaitu FITK, FAH, FSH, FU, FDI, FEB, FST, FISIP, FPsi, dan FKIK. Jadi otomatis kan harus menyesuaikan banget sama tempatnya.
Suasana lapangan sangat meriah, karena disana semua fakultas berkumpul, dan setiap fakultas memamerkan Jargon dan Yel-yel andalannya supaya menjadi pusat perhatian. Pasti setiap fakultas ngerasa malu kalau fakultas lain lebih meriah dibanding fakultasnya sendiri, maka para kating dari setiap fakultas selalu memprovokatorkan maba nya untuk mengeluarkan suaranya dan mengalahkan fakultas lain. Tapi sayangnya di hari pertama ini para maba FIDKOM masih kalah suaranya dan terkesan kurang rame, para kating pun merasa kecewa atas kekurang meriahannya di hari ini. Walaupun acara gladi resik upacaranya sebentar lagi dimulai dan sudah dikasih tau oleh korlap dari DEMA-U untuk tertib, tetap aja masih banyak fakultas yang meramaikan suasananya agar terlihat heboh. Kasian aja sama petugas upacaranya karena dikacangin wkwk, kacang mahal oy wkwkwkwkwk.
Udah tuh udah pada nurut dan diem, acara pun dimulai. Blablablabla sampe kelar upacaranya, trus katanya mau ada penampilan dari MB UIN, udah nunggu lama ternyata tampilnya besok pas acara resminya. Ini adalah sebuah miskomunikasi jadinya, udah nunggu lama tapi di PHP in, sakit bosss.. *piiss
Setelah itu kembali ke fakultasnya masing-masing, padahal katanya setelah upacara boleh langsung pulang, tapi apalah daya seorang maba, harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh panitia, karena panitia yang bertanggungjawab dengan acara fakultasnya. Yaudah tuh dilanjutin lagi acara di tenda kondangannya, lalu saatnya mentoring kelompok fakultas yang kelompoknya udah dibagi ke kelompok yang udah ditentukan sebelumnya ketika daftar ulang, dan saya berada di kelompok 15. Setelah bertemu dengan mentornya, kita nyari tempat buat kumpul kelompok, dan udah menemukan tempatnya, abis itu… namanya juga awal kumpul kelompok, jadi pasti yang bakal dibahas pertama adalah “Perkenalan”. Perkenalan lah tuh satu persatu, setelah perkenalan satu sama lain, tiba-tiba tempat itu mau dilewati oleh sesuatu yang mengharuskan untuk pindah tempat. Pindahlah kita ke tempat yang lebih tinggi (ntaps). Mentor memaparkan bahwa hal yang akan dibahas itu tentang Mahasiswa Bebas Narkoba. Trus ditanya ke setiap anggota untuk menjelaskan pendapat pribadinya tentang narkoba. Satu-satu mendeskripsikan narkoba sesuai pandangannya masing-masing. Beralih ke pembahasan lain, yaitu tentang alesan memilih jurusan yang saat ini dijalankan, lalu dijawab lagi. Beralih lagi ke pembahasan yang selanjutnya, dan yang ini adalah sebuah informasi, yaitu dikasih tau bahwa ada TUGAS dan itu harus dikumpulin BESOK PAGI. Serem sekali info yang satu ini, tugasnya adalah membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) tentang Mahasiswa Bebas Narkoba. Mentor menjelaskan syarat-syarat dan cara membuatannya sesuai yang tertera di dalam map khususnya, karena dikhawatirkan lupa karena hanya mendengarkan, maka ada inisiatif tulisan itu akan di foto, dan di share ke grup LINE, otomatis kelompok kita akan membuat grup disana, kita menuliskan id line masing-masing agar bisa di invite masuk ke dalam grupnya.
Waktu mentoring berakhir, lalu kembali ke basecamp maba FIDKOM, dan disana dijelaskan ulang secara simple tentang tugas yang diberikan, setelah itu acara selesai dan boleh pulang (asal sholat dulu).

LALU SAYA TIDAK PULANG KE RUMAH, NAMUN KE SEBUAH TEMPAT DI DAERAH RAWAMANGUN, BERTEMU DENGAN “SOMEONE” *ehem *skip

Udah tuh pas sore pulang ke rumah, nyampenya malem sekitar jam 7 lewatan, lalu beres-beres diri, menyegerakan ibadah dan siap-siap nyalain laptop untuk mengerjakan tugas yang diberikan, yaitu membuat KTI. Karena belum tau persyaratan pembuatannya, jadi saya harus menunggu hp saya aktif, karena hp saya sudah nonaktif karena batrenya habis, dan LINE kadang bikin kesel karena notifnya lama masuknya, harus nunggu beberapa lama dulu, baru muncul notif-notifnya. Dan di salah satu notifnya ada notif undangan grup, ya yang pasti itu dari kelompok saya. Saya meng-acc grupnya dan melihat di note ada gambar hasil jepretan anggota kelompok yang lain. Baru saya bisa memulai tugas saya, saya buat dengan berbagai referensi, dan akhirnya selesai walaupun gak bagus-bagus banget, dan emang gak bagus sih wkwkwk. File itu disimpan didalam sebuah flashdisk lalu berangkat menuju tempat percetakan di deket Pasar Agung, Depok. Sesampainya disana saya langsung menyerahkan flashdisk saya kepada operatornya/karyawannya untuk di print tugas saya itu. Setelah itu bayar ke kasir, lalu karena saya gatau harus di jilid atau enggak, saya nanya dulu ke seseorang untuk minta tanyain ke orang lain tentang keharusan menjilid KTI nya. Karena tidak ada respon, maka saya memilih untuk tidak menjilidnya. Dan setelah saya sampai dirumah, saya menanyakan kepada anggota kelompok di grup, dan ternyata mereka pada dijilid makalahnya. Ah shit, jadi ngerasa nyesel gak sekalian di jilid makalahnya.. tapi yaudahlah biarin aja ga dijilid, let it flow aja deh pokoknya. Kemudian datanglah hari esok…..

Bersambung…
Cerita selanjutnya = PBAK 2016, Day 2

Share:

0 komentar